TENTANG KAMI
EARTH HOUR merupakan momentum strategis untuk :
Mengingatkan masyarakat bahwa terjadinya perubahan iklim
juga berasal dari penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar fosil
Mempromosikan energi efisiensi di kota dengan populasi dan
konsumsi listrik yang boros.
Menciptakan dan memicu kesadaran masyarakat tentang gaya
hidup hemat energi di kota-kota besar di Jawa-Bali, krisisnya pasokan serta
distribusi listrik, dan juga potensi sumber-sumber listrik di Indonesia yang
dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal, dalam perspektif yang lebih luas
juga dapat memberikan stimulasi perubahan perilaku serta insentif bagi
perekonomian.
Tujuan Kampanye EARTH HOUR 2012
Menjaring sebanyak-banyaknya individu, rumah tangga, dan
bisnis untuk ikut mematikan lampu sebagai simbol kontribusi mereka terhadap
perubahan iklim
Mengedukasi masyarakat mengenai ancaman pemanasan global
dan apa yang bisa setiap individu lakukan untuk membuat suatu perubahan dalam
kehidupan mereka sehari-hari dalam mengurangi emisi mereka
Menjaring partisipasi korporasi untuk mengomunikasikan
EARTH HOUR, baik staf maupun jejaring eksternal untuk berkomitmen mematikan
lampunya pada jam yang ditentukan dan melakukan perubahan kebijakan dalam
pengunaan energi
Mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup
menjadi lebih ramah lingkungan
Memberikan preseden baik agar EARTH HOUR dilakukan setiap
tahun
Mengukur perubahan emisi gas rumah kaca di Jakarta
Memperoleh kurang lebih 500,000 orang pendukung EARTH
HOUR, melalui kampanye online EARTH HOUR Indonesia di web, facebook twitter,
dan mailing list
Kegiatan komunitas masyarakat di Jakarta dan 4 kota besar
lainnya di wilayah Jawa-Bali (Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang,
Bali)
Dukungan dari Walikota 5 wilayah DKI Jakarta, Gubernur DKI
Jakarta, Presiden, Menteri Lingkungan Hidup, dan Dewan Nasional Perubahan
Iklim
Dukungan dari pemerintah daerah dan publik di kota-kota
besar lain yang menjadi target EARTH HOUR
Ikon yang dimatikan: monumen - monument terkenal di
Jakarta dan gedung pemerintahan di Jakarta dan sekitarnya
Kapan & Pesan Kampanye
Matikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang
dipakai pada Sabtu, 31 Maret 2012, pukul 20.30 - 21.30 (waktu setempat).
Kami mengharapkan jutaan orang di seluruh dunia mematikan
lampunya selama 1 jam sebagai pernyataan global. Tunjukkan bahwa kamu peduli
perubahan iklim. Tindakan kecil dapat membuat perubahan besar.
"INI AKSIKU! MANA AKSIMU?"
Target Audience
Pemerintah
a. Pemerintah propinsi DKI Jakarta & pemerintah daerah
di propinsi Jawa - Bali
b. Sekretariat Kepresidenan, KemenLH, KemenESDM, DNPI, DEN, PLN/Indonesia
Power
Pesan:
EARTH HOUR DIADAPTASI OLEH PEMERINTAH
-> Seperti halnya Car Free Day yang disadari kebutuhannya oleh para
pembuat kebijakan kota dan publik yang tinggal di kota-kota tersebut.
Sektor Komersial (Bisnis/Perkantoran dan Mal
Pesan:
MATIKAN LAMPU & AC
-> Earth Hour adalah pemicu dan bukti perubahan yang mudah dilakukan dan
murah
-> Gerakan awal untuk Green Office dan menurunkan emisi CO2 dalam jangka
panjang
Rumah Tangga Kalangan Menengah ke Atas
Pesan:
MATIKAN LAMPU & ALAT ELEKTRONIK YANG TIDAK SEDANG DIPAKAI
-> Perubahan gaya hidup - tidak hanya hemat energi saja tetapi juga
bergerak ke arah hidup cerdas dengan sumber daya dan pengelolaan sampah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar