Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya. Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986).
Banyak motivasi yang mendorong seseorang masuk dalam sebuah
organisasi. Diantara beberapa motivasi atau tujuan seseorang bergabung ke dalam
suatu kelompok organisasi adalah :
1). Kelompoks atau organisasi sering dipakai untuk memecahkan masalah-masalah.
2). Mencegah kesepian dan kerenggangan
3). Kelompok dapat memberikan bantuan pada saat kesusahan / menjumpai masalah
4). Kelompok dapat memberikan tujuan dan nilai hidup yang lebih baik, perilaku, dan kesetaraan kelompok
5). Kelompok sosial , kerja dan bermacam-macam kelompk lainnya memberikan prestige, status dan pengakuan.
1). Kelompoks atau organisasi sering dipakai untuk memecahkan masalah-masalah.
2). Mencegah kesepian dan kerenggangan
3). Kelompok dapat memberikan bantuan pada saat kesusahan / menjumpai masalah
4). Kelompok dapat memberikan tujuan dan nilai hidup yang lebih baik, perilaku, dan kesetaraan kelompok
5). Kelompok sosial , kerja dan bermacam-macam kelompk lainnya memberikan prestige, status dan pengakuan.
Tujuan adalah ujung ke arah mana organisasi kita akan
diarahkan. Macam organisasi dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu dari jumlah
puncak pimpinan, segi keresmian, segi tujuan, segi luas wilayah, segi sosial,
dan segi bentuk. Yang akan saya bahas disini adalah macam-macam organisasi dari
segi tujuan yang ingin dicapai. Macam-macam organisasi tersebut adalah :
1. Organisasi Niaga
Organisasi yang tujuan utamanya untuk mencari keuntungan,
terutama dalam bidang bisnis.
Macam-macam Organisasi Niaga :
Perseroan Terbatas (PT), yaitu perusahaan yang didirikan
oleh dua orang atau lebih yang berbadan hukum
Perseroan Komanditer (CV), yaitu salah satu badan usaha yang
dilakukan oleh pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.
Firma (Fa), yaitu suatu organisasi bisnis dimana ada
perjanjian dua orang atau lebih untuk memperoleh keuntungan bersama.
Koperasi, yaitu badan usaha yang melandaskan kegiatannya
berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang
berdasarkan atas asas kekeluargaan.
Join Venture, yaitu kerjasama antara dua orang atau lebih
dalam bidang bisnis untuk membentuk perusahaan baru.
Trust, yaitu penggabungan dua unit usaha menjadi satu dan
masing-masing unit usaha kehilangan identitasnya. Beberapa perusahaan yang
telah melebur akan melahirkan perusahaan baru yang lebih besar.
Kartel, yaitu persekutuan perusahaan-perusahaan dibawah
suatu perjanjian untuk mencapai tujuan tertentu.
Holding Company, yaitu suatu usaha untuk menggabungkan satu
perusahaan dengan perusahaan lain.
2. Organisasi Sosial
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat, baik yang
berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum. Berfungsi sebagai sarana
partisipasi masyarakat untuk ikut andil dalam pembangunan bangsa dan negara
menuju arah yang lebih baik lagi dengan tujuan menjadikan bangsa dan negara
dalam pembentukan sosialisasi yang baik dan menjadikan masyakarat yang penuh
dengan jiwa sosialisasi yang tinggi.
Jalur pembentukan Organisasi Kemasyarakatan :
Jalur Keagamaan
Jalur Profesi
Jalur Kepemudaan
Jalur Kemahasiswaan
Jalur Kepartaian dan Kekaryaan
3. Organisasi
Regional dan Internasional
Organisasi Regional :
Organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara
tertentu saja. Sebagai contoh : ASEAN (Association of Southeast Asian Nations =
Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA)), dibentuk 8 Agustus 1967,
memiliki 10 negara anggota, Timor Leste dan Papua new Guinea hanya sebagai
pemantau, dan masih mempertimbangkan akan menjadi anggota).
Organisasi Internasional :
Organisasi yang anggota- anggotanya meliputi negara di
dunia. Sebagai contoh : UN (United Nations = Perserikatan Bangsa-Bangsa
(PBB)),didirikan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945.
Berikut Tujuan Merupakan motivasi, misi, sasaran, maksud dan
tujuan yang akan dicapai dalam rentang waktu tertentu, Tujuan berdasarkan
rentang dan cakupanya dapat di bagi dalam beberapa karakteristik antara lain :
Tujuan Jangka panjang
Tujuan Jangka menengah dan
Tujuan Jangka pendek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar